Mengenal Kota Siak lebih dekat

Sabtu, 30 April 2016

Makanan Khas Melayu Riau

1. Lempuk Durian

Lempuk durian adalah salah satu makanan khas Melayu yang bisa dijumpai di Riau dan daerah-daerah lain di Pulau Sumatera. Makanan ini sejenis dodol yang terbuat dari bahan durian. Ini merupakan oleh-oleh wajib yang bahkan menjadi ikon kabupaten Bengkalis. 

2. Bolu Kemojo.

Makanan Khas Melayu

Ini merupakan sejenis kue bolu yang merupakan hidangan khas Pekanbaru dan dihidupkan oleh Bu Dinawati. Kue bolu yang awalnya hanya dibuat untuk makanan keluarga saja kini merupakan buah tangan yang sangat terkenal dari kota Pekanbaru.

3. Roti Jala.


Roti ini biasanya disajikan dengan kuah kare kambing dan dilengkapi dengan acar yang terbuat dari nanas. Rasanya sungguh nikmat. Karena bahan dan cara penyajiannya tersebut, diduga makanan khas Melayu ini diadopsi dari kuliner ala India. 

4. Roti Canai.

Roti canai adalah roti bulat pipih yang biasanya dihidangkan dengan kuah kare dilengkapi dengan sambal ikan.
Makanan Khas Melayu
Makanan ini biasa dikonsumsi bersama dengan teh tarik dan menjadi menu nikmat baik pada pagi maupun malam hari. Roti khas Melayu ini juga diadopsi dari sajian India. Di Singapura dan India, roti ini disebut sebagai roti pratha. 

5. Es Laksamana Mengamuk

Es ini merupakan minuman segar yang menghadirkan bahan utama buah kuini. Namanya yang unik kabarnya disebabkan oleh kisah seorang laksamana yang mengamuk karena istrinya dilarikan oleh seorang pemilik kebun kuini. Karena amarahnya, ia menebaskan pedangnya ke segala arah hingga tertebaslah buah-buah kuini di kebun tersebut yang akhirnya hancur. Setelah sang laksamana pulang, para penduduk yang tinggal di dekat kebun tersebut memunguti buah-buah yang sudah tercincang tersebut dan menjadikannya minuman. Es laksamana mengamuk terasa sangat segar dengan kombinasi air santan dengan pemanis gula merah.

6. Asidah.

 
Ini merupakan satu lagi makanan khas Melayu yang berupa kue yang berasa manis. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan terbuat dari bahan-bahan yang dicampur berbagai rempah seperti kayu manis dan cengkeh serta daun pandan untuk membuat aromanya makin enak. Kue ini biasanya dihidangkan dalam berbagai bentuk dengan taburan bawang goreng.

7. Es Air Mata Pengantin. 

 
Ini merupakan satu lagi nama es yang menarik yang merupakan kuliner khas Melayu. Es ini mengandung agar-agar dengan berbagai warna, biji selasih, blewah serta nata de coco. Minuman ini disajikan dengan es batu serut dan menjadi pelepas dahaga yang sangat ampuh pada siang hari yang terik. 

8. Ikan Salai.

Yang ini merupakan makanan khas Melayu yang diolah dari bahan dasar ikan. Caranya, ikan basah segar dikeringkan kemudian diasapkan. Makanan ini merupakan favorit penduduk Riau yang hidup di daerah sekitar sungai-sungai utama di area itu. 

9.  Cencaluk

Cencaluk ialah sejenis lauk dalam hidangan tradisional melayu. makanan ini dibuat dari udang halus, cencaluk mengandungi kandungan protein yang tinggi.



Masih banyak makanan khas melayu lainnya ini baru sebagian kecil saja, semoga makanan khas ini bisa menjadi minat wisata kuliner di Riau.

2 komentar: